Sabtu, 12 Januari 2013

Metodelogi Penelitian



1.       -      Rata –rata penjualan  tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010-2011 diperoleh rata-rata penjualan   
senilai Rp31.625.
-          Rata-rata Upah tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010-2011diperoleh rata-rata Upah senilai Rp 8.375,5
-          Rata-rata Biaya Marketing tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010-2011diperoleh rata-rata Biaya Marketing senilai Rp 5.075,-
2.       -      Rata-rata kenaikan Penjualan tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010 diperoleh kenaikan penjualan senilai Rp 26.875,- sedangkan untuk tahun 2011 diperoleh nilai rata-rata kenaikan Rp 36.375. Sehingga PT KARTARAJASA memiliki kenaikan penjualan dari tahun 2010-2011 senilai Rp 9.500,-
-          Rata-rat kenaikan Upah tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010 diperoleh kenaikan Upah senilai Rp 5.133, sedangkan untuk tahun 2011 diperoleh nilai rata-rata kenaikan Rp 10.942. Sehingga PT KARTARAJASA memiliki kenaikan Upah dari tahun 2010-2011 senilai Rp 5.808
-          Rata-rata Kenaikan Biaya Marketing tahun 2010 dan 2011
Dari data laporan keuangan PT KARTARAJASA tahun 2010 diperoleh kenaikan Biaya Marketing Rp 3.058, sedangkan untuk tahun 2011 diperoleh nilai rata-rata kenaikan Rp 7.092. Sehingga PT KARTARAJASA memiliki kenaikan Biaya Marketing dari tahun 2010-2011 senilai Rp 3.058
3.       Uji Normalitas
-          Pengaruh Biaya Marketing terhadap Penjualan


One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test


marketing
penjualan
N
24
24
Normal Parametersa
Mean
5075.00
31625.00
Std. Deviation
2462.281
6104.613
Most Extreme Differences
Absolute
.210
.131
Positive
.210
.088
Negative
-.139
-.131
Kolmogorov-Smirnov Z
1.031
.641
Asymp. Sig. (2-tailed)
.238
.806
a. Test distribution is Normal.






Angka Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan angka lebih dari 0.05 yakni 0.238 maka dapat dikatakan data tersebut signifikan.

Model Summary
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
1
.905a
.818
.810
2659.212
a. Predictors: (Constant), marketing

Data diatas menunjukan R Square pada table adalah 0.818 yakni berarti penjualan yang dipengaruhi oleh biaya marketing sebesar 81 % sisanya dipengaruhi factor lain.

Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
20241.780
1265.203

15.999
.000
marketing
2.243
.225
.905
9.960
.000
a. Dependent Variable: penjualan



Y = 20241.780 + 2.243
Pada persamaan regresi diatas diketahui konstanta sebesar 20241.780 maka setiap penambahan 1 angka maka fariabel biaya marketing akan menambah tingkat penjualan sebesar 2.243. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat biaya marketing menunjukkan angka positif.

-          Pengaruh Penjualan terhadap Modal

One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test


penjualan
modal
N
24
24
Normal Parametersa
Mean
31625.00
2.53E4
Std. Deviation
6104.613
4.974E3
Most Extreme Differences
Absolute
.131
.135
Positive
.088
.108
Negative
-.131
-.135
Kolmogorov-Smirnov Z
.641
.661
Asymp. Sig. (2-tailed)
.806
.774
a. Test distribution is Normal.






Angka Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan angka lebih dari 0.05 yakni 0.806 maka dapat dikatakan data tersebut signifikan.

Model Summary
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
1
.842a
.710
.696
2740.387
a. Predictors: (Constant), penjualan

Data diatas menunjukan R Square pada table adalah 0.710 yakni berarti modal yang dipengaruhi oleh penjualan sebesar 69.6 % sisanya dipengaruhi factor lain.


Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
3578.907
3012.584

1.188
.248
penjualan
.686
.094
.842
7.332
.000
a. Dependent Variable: modal




Y = 3578.907 + 0.686
Pada persamaan regresi diatas diketahui konstanta sebesar 3578.907 maka setiap penambahan 1 angka maka fariabel penjualan akan menambah tingkat modal sebesar 0.686. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat penjualan menunjukkan angka positif.

-          Pengaruh Upah terhadap Penjualan


One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test


upah
penjualan
N
24
24
Normal Parametersa
Mean
5716.67
31625.00
Std. Deviation
820.216
6104.613
Most Extreme Differences
Absolute
.111
.131
Positive
.111
.088
Negative
-.092
-.131
Kolmogorov-Smirnov Z
.543
.641
Asymp. Sig. (2-tailed)
.929
.806
a. Test distribution is Normal.






Angka Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan angka lebih dari 0.05 yakni 0.929 maka dapat dikatakan data tersebut signifikan.


Model Summary
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
1
.909a
.826
.818
2605.510
a. Predictors: (Constant), upah

Data diatas menunjukan R Square pada table adalah 0.826 yakni berarti penjualan yang dipengaruhi oleh upah sebesar 81.8 % sisanya dipengaruhi factor lain.


Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
-7038.238
3823.719

-1.841
.079
upah
6.763
.662
.909
10.211
.000
a. Dependent Variable: penjualan



Y = -7038.238 + 6.763
Pada persamaan regresi diatas diketahui konstanta sebesar -7038.238  maka setiap penurunan 1 angka maka fariabel upah akan mengurangi tingkat penjualan sebesar 6.763. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat upah menunjukkan angka negative






.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar